Kunjungan Edukasi Siswa SD Citra Alam

08 Mei 2012 pukul 15:59:24 | Dibaca 1340 kali

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2012, sebanyak 32 siswa-siswi kelas 6 Sekolah Citra Alam (SCA) Ciganjur disertai beberapa guru melakukan kunjungan edukasi ke Departemen Teknik Metalurgi&Material Universitas Indonesia. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan aplikasi dan pengembangan keilmuan serta menumbuhkan semangat "keberanian bermimpi sekaligus bereksplorasi" kepada para siswa untuk bekal masa depan mereka.

 

Diterima oleh Badrul Munir, PhD, salah satu dosen di DTMM-UI, acara hari itu dimulai dengan penjelasan singkat tentang UI dan Metalurgi-Material. Para siswa dengan antusias mengikuti apa saja yang dipelajari di DTMM, aplikasi sehari-hari serta profil bidang kerja lulusannya. Selanjutnya para siswa dibawa ke laboratorium-laboratorium dimana para kakak asisten telah siap membantu menjelaskan dengan sederhana melalui beberapa games dan kuis menarik yang memudahkan mereka memahami proses-proses di lab korosi, metalografi, uji kekuatan mekanis serta mikroskop elektron (SEM).

 

Bagi DTMM FTUI ini merupakan kunjungan yang pertama kali dilakukan oleh siswa tingkat sekolah dasar, sehingga merupakan tantangan tersendiri bagi para sivitas akademika untuk bisa menjelaskan dengan bahasa yang mendasar dan mudah dipahami. Selain ke DTMM, mereka juga sekilas mengunjungi Departemen Arsitektur, Jembatan TekSas dan Perpustakaan baru UI.

 

SCA-2012 SCA-2012-Teksas

 

<< back