Alumni


Alumni Directory

ATTENTION

Dear Alumni, we are kindly requesting you to spare some of your time to complete the Alumni Data form in the Alumni Directory of Universitas Indonesia. Thank you very much for your time.

 

Alumni Mailing-List

 

Alumni can join the mailing list at metalftui@yahoogroups.com or send a blank email to metalftui-subscribe@yahoogroups.com

 

Alumni Website

 

Find more about MetalFTUI alumni at http://www.geocities.com/metalftui

 

Graduates Profiles

 

ADITIA HERMAWAN
A new graduate, lulus tahun 2002, sekarang Drill Bit Optimization Engineer di Schlumberger Oilfield Services.

Saya merasa beruntung karena dapat langsung bekerja di perusahaan multinasional terkemuka yaitu Schlumberger Oilfield Services segera setelah lulus.Saat ini saya menjadi seorang Drill Bit Optimization Engineer di perusahaan tersebut dengan tugas pokok adalah mengumpulkan dan menganalisa data untuk dijadikan bahan pertimbangan client (dalam hal ini oil company) untuk proses pengeboran selanjutnya. Pemilihan drill bit (mata bor) untuk pengeboran minyak sangat ditentukan oleh material yang digunakan pada drill bit tersebut dan kekerasan formasi yang akan dibor. Pemilihan drill bit yang tidak tepat akan menyebabkan lambatnya pengeboran atau rusaknya bit yang terjadi terlalu cepat sehingga akan merugikan semua pihak.

Ilmu metalurgi saya sangat mendukung tugas saya sekarang, disamping kemampuan bahasa Inggris dan soft skills (kepemimpinan, manajemen, dll). Berpartisipasi dan aktif di kegiatan kemahasiswaan selama kuliah, ternyata sangat membantu mengembangkan soft skills saya.


AREA LAGA
Lulus tahun 1992, sekarang Mill Operation Superintendent, PT. Freeport Indonesia, Papua

Sejak lulus kuliah dulu, kayaknya nggak kebayang deh gue bakalan kerja sampe hampir 8 tahun di pedalaman Papua begini. Banyak lulusan sekolah lain udah pada berguguran ke luar satu per satu nggak tahan mental, suasana dan pekerjaan yang berat di sini. Untungnya Jurusan Metalurgi di UI betul-betul mempersiapkan lulusannya. Kita diajarin dasar-dasar bagaimana mengolah batuan tambang sampai menjadi konsentrat tembaga dan emas yang bernilai tinggi untuk dijual. Gemblengan pengetahuan semasa kuliah dulu juga dirasakan sangat bermanfaat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi setelah bekerja.


BAHRAIN MUNIR
Lulus tahun 1992 dan sekarang Head Services, Technical Inspection, Totalfinaelf E&P Indonesia

Totalfinaelf E&P Indonesie (TFE EPI) adalah sebuah perusahan Production Sharing Contract (Pertamina) dengan Perancis. Di perusahaan ini, saya memanage satu daerah operasi bernama Tatun (Tunu-Tambora), the biggest gas operational area within TFE EPI, meliputi seluruh aktifitas inspeksi teknis (relate to corrosion monitoring, failure, etc.) dan memprovide technical advises untuk existing equipment dan yang baru, yaitu Pressurized System (Piping, Pipeline, Pressure Vessel, Tank, Heat Exchanger) dan Non-Pressurized (Structure, Lifting Devices). Jenis aktifitas tersebut mencakup conditioning monitoring (regular inspection based on equipment condition), certification dan project commissioning (quality assurance). Aspek metodologi juga saya tangani yaitu menyusun inspection operational standard dengan acuan ke standard/regulation lain (international atau regional, seperti ASME, AWS, API, BS, Group Specification) dan sebagai key person dari applikasi CIMMS (Computerized Inspection/Maintenance Management System).

Pengetahuan teknis dan pengalaman managerial (student government) saya mulai dari bangku sekolah, terutama Universitas. The above technical inspection job is only one of hundreds for Metallurgy graduates. Yang terpenting adalah mengenal diri kita sendiri, try to take opportunities and face challenges. Success or fail is just an indicator not the final, don’t let it stop you.


BERNANTO FERDY
Lulus tahun 1993, sekarang Manager di PT. Kartini Utama

Setelah lulus, gua langsung bergabung dengan PT. Kartini Utama sebuah perusahaan Proteksi Katodik yang tidak terkenal. Sekarang ini PT. Kartini Utama hampir selalu memenangkan sebagian besar proyek proteksi katodik yang ada di Indonesia. Kemampuan akademis dan "rasa persaudaraan" yang gua terima selama gua kuliah di Metalurgi FTUI sangat membantu sekali pekerjaan-pekerjaan yang gua tangani. Gua bangga dan bersyukur ternyata gua nggak salah pilih jurusan setelah tamat SMU tahun 1987. Sampai sekarangpun kalau mau terima engineer baru, gua selalu prioritaskan dari jurusan Metalurgi FTUI yang sudah terbukti kualitas dan dedikasinya".


HARLION BAHAR
Lulus tahun 1984, sekarang di Maintenace-Operation Dept., Rasgas Co Ltd, Doha, State of Qatar

Sudah 4 tahun saya bekerja di salah satu instalasi pencairan gas alam di Negara Qatar, yaitu di bidang Integrity Inspection. Tanggung jawab saya lebih banyak pada kehandalan peralatan kilang (reliability plant equipment). Tugas saya 1) menjaga integrity stationery equipment antara lain, perpipaan, bejana bertekanan, tangki penimbun (storage tank), dapur reaksi gas H2S, katup pengaman tekanan tinggi, 2) menjaga sistim proteksi korosi untuk pipa penyalur bawah tanah, plat dasar tanki minyak, besi beton didalam struktur pompa air laut, sistim pendingin air laut, dermaga a.l proteksi katodik, lining dan pengecatan, 3) menyediakan prosedur pengelasan untuk baja, logam paduan, dan non ferrous serta memonitor unjuk kerja tukang las, 4) melakukan analisa kerusakan komponen kilang, a.l poros pompa, sudu turbin gas, bagian internal bejana tekan, 5) memberikan pelatihan praktek bagi engineer baru warga negara Qatar.

Saya sampai pada posisi ini setelah bekerja lebih dari 15 tahun di instalasi pencairan gas alam di Lhokseumawe, PT Arun, Aceh, dibagian Inspection Engineering sebagai Corrosion and Inspection Engineer, saat saya selesai studi di Jurusan Metalurgi UI. Mata kuliah di Metalurgi, seperti ilmu korosi, pengujian tak merusak (non destructive test), ilmu logam, pengelasan, hingga failure analysis memberikan saya ilmu yang lebih dari cukup untuk meniti karir di perusahaan Migas saat ini.


JAN DHARMAPUTRA LIM
Lulus tahun 1994, sekarang bekerja di Delphi Automotive Systems, Singapore.

Segera setelah lulus dari Metalurgi UI, aku bekerja sebagai Product Engineer di Aiwa Singapore. Tugasku menangani peluncuran produksi produk audio baru seperti headphone stereo dan mini-hifi ke berbagai pusat produksi di Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Memecahkan masalah teknik dan juga produksi adalah tantangan dalam kegiatanku sehari-hari.

Tiga setengah tahun kemudian, aku bekerja di Philips Singapore. Kali ini sebagai Cost Engineer, menangani penghitungan biaya untuk produk-produk baru audio mulai dari konsep sampai peluncuran ke produksi. Penghematan biaya produk dan perkiraan biaya dengan akurat adalah fokusku dalam pekerjaan ini.

Saat ini aku bekerja sebagai Industrial Engineer di Delphi Automotive Systems Singapore. Optimasi dan peningkatan efisiensi merupakan kata-kata kunci untuk pekerjaanku yang satu ini.

Dengan bekal pengetahuan yang kudapat dari Metalurgi UI, aku mampu menangani berbagai pekerjaan teknik dan juga tidak kalah bersaing dengan lulusan dari luar negeri.


MOHAMAD FAROUK RIZA
Lulus tahun 1994, sekarang Inspection Engineer di PT Badak Natural Gas Liquefaction.

Saat ini saya bekerja di kilang gas alam cair (LNG) terbesar di dunia sebagai Inspection Engineer. Sehari-hari saya berkecimpung di dunia uji material, korosi, kerusakan peralatan dan pemeriksaan kilang. Dengan bekal yang diperoleh selama kuliah di Metalurgi, serta tidak banyaknya orang yang mengerti tentang dunia metalurgi, maka tidak sulit bagi saya untuk menjadi spesialis di bidang inspeksi kilang ini.


KUKUH W. SOEROWIDJOJO
Lulus tahun 1985

Sekarang saya bekerja untuk Sandvik Steel AB – Swedia dengan ‘home base’ di Inggris untuk penjualan dan pemasaran pipa tahan karat untuk produksi minyak/gas yang dikenal sebagai OCTG (Oil Country Tubular Goods). Ruang lingkup tanggung jawab mencakup penjualan dan pemasaran ke seluruh dunia dengan fokus daerah Eropa; Jerman, Belanda, Laut Utara sektor Inggris dan Norwegia; Afrika Utara ; Libya, Tunissia; Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Timur Tengah.

Tugas utama adalah mengembangkan bisnis ini dengan bertemu teknisi perusahaan minyak dan gas maupun fabrikatornya baik melalui kunjungan langsung maupun ekshibisi. Kunjungan yang baik sering diteruskan ke arah sebuah project dan diakhiri dengan transaksi bisnis. Maka latar belakang teknik metalurgi dan materials sangat berguna pada saat pembukaan dan bisnis untuk menutup transaksi.


PUNGKIE INDRA WIBAWA CATUR PUTRA
Lulus tahun 1993.

Saat ini saya bekerja sebagai Corporate Planning dari sebuah group perusahaan yang bergerak dibidang property, konstruksi, perhotelan, building management, kawasan industri dan building material manufacturing.

Saya mendapatkan cara berpikir yang logis dan sistematis dari perkuliahan secara formal di Jurusan Metalurgi, serta pengetahuan, pengalaman dan cara kerja dalam organisasi melalui kegiatan kemahasiswaan. Semua itu saya rasakan sangat banyak manfaatnya dalam pekerjaan saya yang meliputi bagaimana memformulasikan, melaksanakan dan membantu pelaksanaan rencana strategis bisnis perusahaan.


RAHMAT WIBISONO
Lulus tahun 2001, sekarang bekerja nun jauh di kutub utara sana, di Siberia, sebagai Field Engineer – Coiled Tubing di Schlumberger Well Services.

As soon as I graduated, I joined one oilfield service company. What I am responsible for is related to reservoir and mechanical engineering, and the analytical and logical thinking which I learnt during my year in Metallurgy gave me a great knowledge. Especially in maintaining our treating iron (knock down joints of pipe that are used in oilfield for well stimulation) and our Coiled Tubing to avoid corrosion and erosion problem. My first assignment was 10 months in Gabon-Central Africa, and 4 months in Western Siberia-Russia. As well couple class and hands on training in several countries.


SUTJI BAKTI
Lulus tahun 1988, sekarang Quality Support, PT. Astra Honda Motor, Jakarta.

Secara garis besar, di manufacturer sepeda motor ini, saya bertanggung jawab terhadap pengukuran dan pengujian terhadap komponen/part sepeda motor, yang sebagian besar terbuat dari metal. Tugas rutinnya memeriksa kekerasan part, ketahanan karatnya, jenis materialnya, dll. Termasuk ukurannya, yang toleransinya ada yang sampai 5/10.000 milimeter.

Saya juga bertangggung jawab untuk mencari penyebab kerusakan part yang di 'claim' konsumen. Misalnya shaft yang patah, cat yang mudah mengelupas, jari-jari roda yang mudah berkarat atau tangki bensin yang bocor di sambungan las-nya. Selain itu, juga mengindentifikasi material alternatif untuk produksi, misalnya meneliti apakah Alumunium buatan lokal bisa dipakai di bagian pengecoran. Beruntung saya dulu kuliah di Metalurgi, jadi punya modal untuk menjawab masalah-masalah ini.


VERONICA CITADWI
Lulus tahun 1999, sekarang bekerja di Unocal Geothermal Indonesia

Unocal Geothermal Indonesia adalah salah satu business unit Unocal Co. Disini gue bertanggung jawab sebagai salah satu Production Engineer. Pengetahuan metalurgi sering gue pakai dalam menganalisa sifat dan memilih material (material selection) untuk equipment tertentu. Kemampuan menganalisa, berkomunikasi dengan bahasa internasional dan kesenangan gue membaca berbagai macam buku, telah membukaan pintu kesempatan buat gue di perusahaan ini.

Pesan gue: jangan ragu untuk kuliah di Jurusan Metalurgi UI. Dan kalau kamu udah masuk, perkuat pengetahuan basic engineering selama semester awal, terus nikmatin kuliah-kuliah korosi, heat treatment, dan material selection. Maka setelah lulus….. nggak usah takut deh sama masa depan kamu ...


YOHANES BINTANG
Lulus tahun 1991, sekarang CBE Engineer di Central Technical Engineering Group, STMicroelectronics, Singapore, the 3rd largest semiconductor manufacturer in the world

My knowledge in metallurgy has contributed to the latest advances technology in the semiconductor manufacturing application. Applies for all difference kind of electronics integrated circuit process, such as 80mm wafer cutting, 25mm wire bonding, molding, laser cleaning, electroplating, precision forming, functional testing, with many kinds of materials. If you are enjoying now with the latest electronics devices, mobile phone, HiFi, TV, PDA, PC ........ our finger prints are there ..... Lets join us to change the future ...


<< back