1. PENDAHULUAN

 

Pemerintah Indonesia dalam upaya meningkatkan daya saing industri di tingkat regional maupun internasional dangan mencanangkan visi Pembangunan Industri Nasional yaitu negara industri tangguh di tahun 2025. Pembangunan infrastruktur di Indonesia sedang berkembang pesat, kebutuhan akan logam meningkat seiring dengan proses penyambungan logam dengan berbagai metode, salah satunya adalah metode pengelasan atau welding. Teknik pengelasan logam merupakan salah satu proses manufaktur yang banyak digunakan diberbagai industri

 

Kebutuhan akan tenaga sumber daya manusia yang terampil dan profesional di bidang pengelasan menjadi tantangan tersendiri yang harus dibarengi dengan kualitas dari tenaga kerja dan inovasi sistem kerja berdasarkan riset dan kondisi di lapangan. Keterampilan dapat ditingkatkan secara signifikan melalui pelatihan dan praktek kerja yang saling berkesinambungan dengan Kebutuhan SDM juru las (welder), inspektur las (welding inspector) , supervisor las ( welding supervisor ) dan welding engineer masih tinggi.

 

 

  1. MAKSUD DAN TUJUAN

 

Untuk menjawab tantangan tersebut maka Departemen Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia  (DTMM FTUI) dan UKK Center for Materials Processing and Failure Analysis (CMPFA) bekerja sama dengan Ikatan Alumni Metalurgi dan Material FTUI (ILUMET FTUI) sebagai praktisi profesional di bidang pengelasan, merasa perlu mewujudkan suatu wadah yang akan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan industri yang membutuhkan. Kordinasi dengan Asosiasi Pengelasan Indonesia, Kementrian Tenaga Kerja RI dan Kementrian Perindustrian RI maka didirikanlah wadah dengan nama Welding Innovation and Research Centre ( WIRC )

 

WIRC adalah sebuah lembaga yang didedikasikan untuk kemajuan riset industri, institusi pendidikan maupun pemerintah dan sumber daya manusia (SDM) di bidang pengelasan dengan mengembangkan bidang teknologi  pengelasan ( Welding ) sehingga menjadi suatu produk yang mempunyai nilai tambah secara ekonomi dan sosial ( Pelatihan, Konsultan, Inspeksi, Pemeliharaan dll). WIRC Melaksanakan penelitian secara teratur dan sistematis dalam menemukan dan menginterpretasikan atau merevisi fakta-fakta dalam satu bidang pengelasan sehingga dapat dimanfaatkan dalam industri pengelasan

 

 

  • RUANG LINGKUP

 

WIRC FTUI sebagai lembaga yang mendukung industri pengelasan mempunyai lingkup kegiatan seperti Pelatihan, Konsultasi dan Sertifikasi :

  • PELATIHAN
    • BENTUK KEGIATAN

 

Gambar 1. Skema Training

 

 

 

 

 

 

INHOUSE TRAINING

Inhouse  training  adalah  program  pelatihan  yang   diselenggarakan  oleh WIRC  di Perusahaan atau di lokasi diluar FTUI yang direkomendasikan atau  ditentukan Perusahaan pelanggan. Peserta pelatihan adalah karyawan ataupun perwakilan satu grup perusahaan.

Inhouse training memiliki keunggulan yaitu biaya menjadi lebih terjangkau, waktu dapat menyesuaikan  jadwal  kerja  (produksi),  dan  diskusi  kelompok  akan   lebih spesifik pada persoalan riil di tempat kerja.

 

PUBLIC TRAINING

Public training adalah program pelatihan yang  diselenggarakan WIRC  di lokasi FTUI atau tertentu yang dapat diikuti dari pelbagai perusahaan yang mendaftar.             Public  training  memiki  keuntungan  tidak  ada   minimum  peserta  yang   harus pelanggan  penuhi.  Umumnya  dilaksanakan  di  Training  Center Arutama     lokasi workshop (affiliate) Arutama,  ataupun di hotel.

 

  • TUJUAN PELATIHAN
  1. Memberikan pengetahuan tentang semua aturan yang berlaku dalam pemeriksaan pengelasan, pengetahuan bahan, metalurgi las, analisa dan dampak, pengujian hasil las dan kesehatan kerja dibidang pengelasan.
  2. Mengkualifikasi Welding Inspector Indonesia dan Mempersiapkan Welding Inspector untuk dapat mengikuti kualifikasi Internasional dan mengikuti ujian Kompetensi Seritikasi Welding Inspector BNSP ( Nasional ), regional ( CSWIP ) maupun Internasional ( IWIP-IIW )

 

  • MATERI KURSUS

Materi kursus yang disampaikan mengacu kepada materi kursus berstandar lokal untuk keperluan ( BNSP, MIGAS,  DEPNAKER )   dan  berstandar Internasional seperti CSWIP (EROPA), AWS (Amerika), dan IIW (Internasional). Dengan berbekal materi kursus ini para peserta diharapkan dapat mengikuti ujian sertifikat tingkat Nasional maupun Internasional.

Materi tersebut antara lain :

  • Pengetahuan Inspeksi Las berdasarkan Qualifikasi Welding Inspektor (WI) Nasional BNSP dan memenuhi Standar Internasional Welding Inspector.
  • Teknologi Las, Metalurgi Las, Desain Las, Pengetahuan Material saat dilas dan Korosi.
  • Pengetahuan DT (Pengujian Merusak) dan NDT (Pengujian Tak Merusak).
  • RBI (Risk Based Inspection) berdasarkan API RP580, BRD 581 dan AIM (Asset Integrity Management), ASME B3.8S PIMS (Pipeline Integrity System).
  • Interpretasi Standar Kualifikasi Pengelasan berdasarkan Standard API 1104, ASME IX, AWS D1.1, ISO 9606
  • Interpretasi Kriteria Penerimaan hasil pengelasan berdasarkan standard API 1104 (Piping Line), ASME VIII (Bejana Tekan), ASME B31.3 (Piping System), ASME I (Boiler) dan ASME B31.1 (Power Piping).
  • Interpretasi Welding Procedure Specification dengan Standard Engineering berdasarkan ASME , AWS dan ISO
  • Proses Pengelasan dengan Standard SMAW (Manual) , GMAW dan GTAW sesuai dengan Spesifikasi Prosedur / WPS.
  • Pengetahuan tentang Inspection; Visual Inspection, Penetran Test, Magnetic Test, Ultrasonic Test dan Radiographic Test
  • Pengamatan Struktur Mikro dan Makro hasil pengelasan
  • Keselamatan Kesehatan Kerja bidang Umum dan MIGAS, QA/QC Prosedur dan Inspektor Reporting System, dan Welding Safety.

 

 

 

  • TINGKATAN PELATIHAN
  1. Welding Inspector Basic

Ditujukan bagi mahasiswa atau lulusan SMU/SMK dengan pengalaman sebagai welder minimum 1 tahun

  1. Welding Inspector Standar

Ditujukan bagi lulusan D3 dengan pengalaman dibidang  pengelasan  minimum 2 tahun atau  Lulusan S1 Teknik atau Sains atau Pemegang sertifikat Welding Inspector  Basic Pemegang sertifikat NDT level  II

  1. Welding Inspector Comprehensif

Ditujukan bagi lulusan D3 dengan pengalaman dibidang  pengelasan  minimum 5 tahun atau Lulusan S1 Teknik atau Sains dengan pengalaman di bidang pengelasan minimum 2 tahun atau Pemegang sertifikat Welding Inspector  Standar, Pemegang sertifikat NDT level III

  1. Pelatihan NDT Level 1 dan 2 untuk PT, MT dan UT

 

  • JENIS PELATIHAN

 

Pelatihan Bidang Pengelasan yang telah dilakukan WIRC FTUI adalah :

  1. Pelatihan Welding Enginer ( JWES, IIW dan BNSP )
  2. Pelatihan Welding Inspector ( BNSP, CSWIP dan IIW )
  3. Pelatihan Welding Spesialist/ Supervisor ( BNSP dan IIW )
  4. Pelatihan Welding Group Leader / Foreman
  5. Pelatihan Welder untuk Fillet, Plate dan Pipa
  6. Pelatihan Pembuatan WPS dan PQR
  7. Pelatihan NDT Level 1 dan 2 untuk PT, MT dan UT
  8. Pelatihan Radiographic Interpreter
  9. Pelatihan Macro etching
  10. Pelatihan Destructive Test ( Tensile Test, Bending Test, Necking Test )

 

  • Pelatihan Welding Engineer

WIRC telah melaksanakan Pelatihan Welding Engineer untuk Japan Welding Engineer Society ( JWES ) sudah untuk 19 angkatan sejak tahun 2010. Pelatihan JWES ini mempunayi 3 tingkatan :

  1. Asociate Welding Engineer (AWE)
  2. Welding Engineer ( WE )
  3. Senior Welding Engineer ( SWE )

 

Selain itu WIRC juga melakukan pelatihan untuk Welding Engineer Nasional ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi ) atau WE – BNSP.

Tahun ini, WIRC sedang dalam proses pengajuan menjadi ATB ( Authorized Training Body) IIW dan akan mengadakan pelatihan International Welding Engineer ( IWE ) yang selama ini hanya dilaksanakan di B4T Perindustrian Bandung. Pelatihan ini dapat diikuti oleh sarjana minimal lulusan S1 atau D4 ( sarjana terapan) dari Fakultas Teknik maupun MIPA

 

  • Pelatihan Welding Supervisor

Sebagai lembaga yang akan mendukung industri terutama industri di bidang Pengelasan, maka WIRC juga melakukan inovasi untuk pelatihan Welding Supervisor sebagai amanah dari KKIN No. 50 tahun 2019.

 

  • Pelatihan Welding Inspector

Welding Inspection adalah kegiatan pemeriksaan dalam rangka pengendalian dan penetapan mutu sambungan las sesuai dengan sepesifikasi yang telah ditentukan. Sebagai suatu kegiatan yang mengendalikan mutu dan kualitas hasil pengelasan agar dapat diterima sebagai suatu produk penyambungan material, maka diperlukan spesifikasi ilmu tertentu yang mengacu pada pedoman dan standar mutu yang diakui oleh industri pengelasan secara internasional. Untuk mempelajari keahlian ini maka perlu mengikuti pelatihan yang benar dan berstandar. Setelah mengikuti pelatihan,  peserta diharapkan mampu bertindak sebagai welding inspector yang benar sehingga pekerjaan pengelasan, baik pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, maupun hasil akhirnya dapat dilakukan sesuai dengan prosedur pengelasan yang baku, sehingga dapat dicapai mutu pengelasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

  • JENIS PESERTA

 

  1. Personal QC atau QA pada kegiatan pengawasan las
  2. Supervisor atau Group Leader Welding
  3. Pegawai pada instansi/perusahaan yang memiliki laboratorium
  4. Pegawai pada Instansi/perusahaan yang memiliki dan menggunakan standar pengelasan
  5. Juru las ( Welder yang berpengalaman )
  6. Lulusan D3 atau S1 yang tertarik pada bidang pengawasan pengelasan

 

Minimum syarat Pendidikan :

  1. Sarjana / Sarjana Muda D3 bidang Teknik / MIPA (Fisika)/Science
  2. Pengawas Lapangan untuk proyek-proyek yang berkaitan dengan pengelasan (Proyek Pipa Penyalur perpipaan, Bejana Tekan/Ketel Uap, Platform Bangunan Kapal dan lain-lain.
  3. Inspektor NDT memiliki sertifikat ahli Radiography dan Ultrasonic dengan Pengalaman minimal 2 (dua) tahun.
  4. STM/SMA IPA memiliki pengalaman minimal 3 (tiga) tahun, atau mempunyai sertfikat NDT Level 2 atau UT Level 2
  5. Membawa Foto Copy Ijazah terakhir yang dilegalisir, Foto Copy Sertifikat keahlian yang diperoleh selama bekerja, Pas Foto ukuran   3 x 4 5 lembar berwarna, CV.
  6. Ahli Pengelasan yang berpengalaman
  7. Engineer

 

 

  • PENYELENGGARAAN PUBLIC TRAINING

 

Kursus akan diselenggarakan oleh Welding Inovation and Research Centre di  Gedung MRC , Fakultas Teknik UI Depok Kampus Baru UI Depok  atau melalui Online, selama masa Pandemik Covid 19.

 

 

  • TENAGA PENGAJAR

 

No Nama Jabatan
1 Prof Dr. Ir. Muhammad Anis, MMet Guru Besar Welding FTUI
2 Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc. Guru Besar Welding FTUI
3 Prof. Dr. Ario Sunar, ST, MSc Guru Besar Welding FTUI
4 Prof. Dr. Ir. Ahmad Herman Yuwono, M.Eng Guru Besar Material FTUI
5 Prof. Dr. Ir. Johny Wahyuadi, MSc Guru Besar Korosi FTUI
6 Dr. Deni Ferdian, ST, MEng Dosen DTMM – FTUI dan

Ketua CMPFA FTUI

7 Ir. Sunoto Mudiantoro , MT WE JWES dan IWE , Praktisi Las
8 Leonardo Sipangkar , ST. MT IWE dan CSWIP 3.2, Praktisi Migas
9 Dani Fareza, ST IWIP dan IWE, Praktisi Las
10 Ir. Fatkhi Baridwan, IPU, Asean Eng Praktisi Las dari WIRC
11 Romy Lesmana, ST, MT WE dan IWE, Praktisi Transportasi
12 Arie Wijawa, ST. MT NDT Level 3
13 Adhi Prihastomo, ST. MT IWIP-C. NDT Level 2
14 Ahmad Ashari, ST. MT DT Personal
15 Siti Chodijah, ST. MT DT Personal , Quality Assurance

 

Instruktur ditangani oleh tenaga profesional dibidangnya, perpaduan antara instruktur dari unsur pendidikan (Universitas Indonesia)  dan dari instruktur lapangan yang kompeten di bidangnya khususnya welding.

 

  • SEKRETARIAT WIRC

 

Welding Information and Research Centre ,

Gedung MRC Lt 1, Fakultas Teknik UI Depok –  Kampus Baru UI Depok

Hp. 082258555356/081283647858

Email : wirc@ilumet.id

www.ilumet.co.id/wirc-ftui/

 

  • FASILITAS

 

  • Sertifikat BNSP bagi yang lulus Uji Kompetensi
  • Sertifikat Pelatihan dari WIRC FTUI
  • Diktat / Materi Kursus ( atau e-book )
  • Ruang Kursus Yang Nyaman dan Berpendingin Udara ( atau Online )
  • Makan Siang ( untuk online di tiadakan )
  • Rehat Copy 2 X ( untuk online di tiadakan )
  • Workshop/Praktek ( untuk online akan dikordinasikan kemudian )

 

 

  • KONSULTAN

 

WIRC telah memiliki pengalaman dalam menangani konsultasi permasalahan ataupun untuk pembuatan :

  1. Pembuatan WPS dan PQR
  2. Solusi masalah Welding Failure Analyst
  • Pembuatan Welding Map
  1. Pembuatan Welding NDT Map
  2. Konsultasi Teknologi dan Proses Pengelasan
  3. Proses Clading dan Overlay

 

  • SERTIFIKASI

WIRC dapat membantu SDM bidang pengelasan untuk melakukan sertifikasi baru maupun perpanjangan, baik sertifikat nasional ( BNSP, CSWIP, MIGAS, KEMENAKER, JWES ) maupun Internasional ( International Institute of Welding ) dengan bidang sebagai berikut :

  1. Sertifikasi Welder Fillet ( 1F, 2F, 3F, 4F dan 5F ) dengan proses SMAW, GMAW, GTAW, FCAW
  2. Sertifikasi Welder Plate ( 1G, 2G, 3G, dan 4G ) dengan proses SMAW, GMAW, GTAW, FCAW maupun kombinasi diantaranya
  • Sertifikasi Welder Fillet ( 1F, 2F, 1G, 2G, 5F, 5G, 6G dan 6GR ) dengan proses SMAW, GMAW, GTAW, FCAW maupun kombinasi diantaranya
  1. Sertifikasi Welding Inspector ( Basic, Standar dan Comprehensif ) BNSP
  2. Sertifikasi Welding Supervisor
  3. Serifikasi Welding Teknologis
  • Sertifikasi Welding Engineer ( JWES dan BNSP )
  • Diploma IWE ( International Welding Engineer )
  1. Diploma IWIP ( International Welding Inspector Personal )
  2. Sertifikasi CSWIP 3.0, 3.1 dan 3.2

 

  1. BIAYA

 

  • PELATIHAN

 

WI BNSP      
Off line WI Basic 3 hari + 1 hari UJK 5.000.000/ orang
  WI Standar 6 hari + 1 hari UJK 8.000.000/ orang
  WI Comprehensif 10 hari + 1 hari UJK 10.000.000/orang
       
Online WI Basic 3 hari + 1 hari UJK 3.500.000/orang
  WI Standar 6 hari + 1 hari UJK 6.000.000/orang
  WI Comprehensif 10 hari + 1 hari UJK 7.000.000/orang
       
WI inhouse WI Comprehensif   70.000.000 / 10 orang
       
Welding Supervisor BNSP      
  Offline   8.000.000/orang
  Online   5.000.000/orang
  Paket in house   60.000.000/ 10 orang
       
Welding Engineer      
  WE JWES (Japan Welding Engineer Society)   100.000.000/ 10 orang
  WE IIW   28.000.000/ orang

 

 

  • KONSULTASI DAN SERTIFIKASI

Negotiable

 

 

 

 

 

 

  • METODE PEMBAYARAN

 

Pelatihan dapat dilakukan dengan cash atau transfer ke

Nama rekening : Penerimaan UKK CMPFA FTUI
Nomor rekening : 8929-199-902003-589
Nama bank : Bank BNI Cab.Kampus UI Depok
Nama NPWP : Universitas Indonesia
NPWP : 02.486.770.7-412.000
Alamat : Gedung Pusat Administrasi Kampus UI Depok Lt.2 Pondok Cina – Beji Depok Jawa Barat
Status Perusahaan : PKP