MENGENAL AXS COIN

Tahukah kamu kalau ada sistem kripto dalam video game? Axie Infinity adalah salah satunya. Axie Infinity merupakan sebuah gim daring berbasis non-fungible token atau yang biasa dieknal NFT yang dikembangkan oleh studio asal Vietnam, Sky Mavis. Sistem kripto tersebeut digunakan sebagai sistem tranksasi dalam permainannya. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Studio asal Vietnam tersebut terinspirasi oleh permainan populer seperti Pokemon dan Tamagotchi. Axie Infinity memungkinkan pemain untuk mengumpulkan, membiakkan, memelihara, bertarung, dan memperjualbelikan makhluk berbasis token yang dikenal sebagai Axie.

Ekosistem Axie Infinity juga memiliki token tata kelola uniknya sendiri, yang dikenal sebagai Axie Infinity Shards (AXS) atau AXS Coin. Ini digunakan untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara tata kelola utama dan akan memberikan hak suara kepada pemegangnya tentang bagaimana dana di Perbendaharaan Komunitas Axie dibelanjakan.

Setiap Axie dalam game Play to Earn (P2E) Axie Infinity merupakan Non Fungible Token (NFT) dengan atribut dan kekuatan yang berbeda dan dapat dimasukkan ke dalam pertempuran 3v3, dengan tim pemenang mendapatkan lebih banyak poin pengalaman (exp) yang digunakan untuk meningkatkan statistik Axie atau mengembangkan bagian tubuh mereka. Axie ini dapat dibiakkan bersama untuk menghasilkan keturunan baru dan unik, yang dapat digunakan atau dijual di lokapasar Axie.

Dilansir dari laman Liputan6.com Axie Infinity dibuat pada 2018 oleh Sky Mavis pengembang game yang berfokus pada teknologi dengan tim yang berbasis di Vietnam. Itu didirikan bersama oleh Trung Nguyen dan Aleksander Larsen.

Trung Nguyen adalah CEO platform saat ini. Nguyen lulus dengan gelar Sarjana Sains di bidang rekayasa perangkat lunak komputer, dan bekerja sebagai insinyur perangkat lunak di Anduin Transactions sebelum mendirikan Axie Infinity.

Mantan pemain game kompetitif, Aleksander Larsen juga dikenal sebagai salah satu pendiri dan COO platform ini. Larsen telah bekerja di game blockchain sejak 2017. Dia sebelumnya bekerja sebagai petugas keamanan eksekutif untuk Organisasi Keamanan Pemerintah Norwegia dan masih duduk sebagai Sekretaris Dewan Direksi di Blockchain Game Alliance.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Kamis (9/6/2022), harga AXS adalah Rp 283,075 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 1,5 triliun. AXS melemah 1,77 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 48 dengan kapitalisasi pasar Rp 18 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 63 juta AXS dari maksimal 270 juta AXS Coin.

Sumber referensi : https://m.liputan6.com/crypto/read/4982288/mengenal-axs-coin-token-kripto-tata-kelola-game-p2e-axie-infinity

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *